Camat Serang Gagas Bayar SPPT-PBB Menggunakan Sampah

Pemimpin Kecamatan Serang (Camat) mulai menggelar program Kolaborasi Sosial tentang persampahan dengan menggandeng Bank Jabar Banten (BJB), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Bank Sampah di kecamatan Serang salah satunya Bank Sampah Digital (BSD) dengan tujuan menangani sampah seperti mengedukasi masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Karena kalau kita hanya mengambil sampah tetapi masyarakat masih membuang sampah sembarangan itu tidak menyelesaikan masalah. Makanya kita berusaha bagaimana masyarakat bisa memilih dan memahami kalau sampah itu mempunyai nilai. Salah satunya adalah dengan bayar Pajak Bumi Bangunan (PBB) menggunakan sampah dan kita mengajak komunitas bank sampah diseluruh kecamatan Serang untuk bersama-sama bekerjasama insyaAllah ini kita akan selalu koordinasikan dengan Bappeda dan BJB sehingga selain penanganan sampah bisa di selesaikan, minimal ada penanganan secara masif juga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Farach Richi selaku Camat Serang.

Program ini merupakan yang pertama dan diharapkan Kecamatan Serang dapat menjadi role model untuk kecamatan lainnya dalam hal penanganan sampah, mulai dari pemilahan rumah tangga,

“Dan untuk kerjasama dengan BSD juga dari kami akan upayakan memberikan fasilitasi didalam program kegiatan yang ada di kecamatan dan kelurahan dan mudah-mudahan BSD dan lainnya bisa bersinergi dengan kecamatan Serang, serta kelurahan-kelurahan di lingkungan kecamatan Serang,” ujarnya.

Iyadulloh sebagai CEO BSD menyambut baik program yang digagas Pimpinan Kecamatan Serang, tak lupa Iyad juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kecamatan yang telah memberikan support kepada BSD dan bahkan menambahkan program baru berupa pembayaran SPPT PBB menggunakan sampah.

Karena dengan adanya program tersebut dapat memberikan rasa semangat bagi masyarakat kecamatan Serang untuk memilah sampah anorganik,

“Semoga warga kecamatan Serang menjadi lebih antusias untuk memilah sampah. Harapannya kedepan nanti setiap RT dan RW kecamatan Serang itu terbentuk Bank Sampah yang dibina langsung oleh BSD. Sehingga semakin banyak warga yang memilah sampah dari rumah,” pungkasnya.