Bagi modal usaha bergulir melalui Tabungan Sampah Bank Sampah Digital dan Kas Baik KitaBisa.com BerkolaborAksi

Kojani. Penerima PUB. Jenis Usaha Masker Beras Tradisonal.

Jelang puasa ramadan 2022 KasBaik KitaBisa.com bekrkolaborasi dengan BSD menyalurkan Permodalan Usaha Bergulir (PUB) kepada 42 para penerima manfaat (PM) di titik-titik Bank Sampah Unit binaan BSD. Total dana yang digulirkan berjumlah 30.000.000. Plafon yang diajukan oleh para PM beragam, mulai dari 500-1 juta sesuai dengan besar kecilnya usaha yang dijalankan.

Sejak digagasnya program ini September 2021 lalu bersama Yayasan Nur Purnama Sidqi (NPS), Bank Sampah Digital (BSD)  menyalurkan PUB kepada 17 orang dari 6 titik bank sampah unit. Ditahap uji coba ini PM mendapatkan dana stimulan sebesar Rp. 500.000 dengan total alokasi Rp. 8.500.000 sebagai modal usaha rumahan.

kegiatan ini dimaksudkan sebagai dukungan peningkatan kapasitas nasabah BSD terutama kelompok perempuan, Duafa, dan Janda yang memiliki usaha kecil rumahan untuk bisa bertahan di tengah ketidakstabilan ekonomi demi ketahanaan keluarga. Jenis usaha yang dijalankan PM diantaranya, warung kelontong, warung makan, warung sayur, dan warung sembako.

Ahmad Mujahid sebagai penanggung jawab KasBaik KitaBisa.com mengutarakan dalam kesempatan lain bahwa program ini adalah sebentuk ikhtiar bersama untuk bisa saling membantu menyebarkan kebaikan di muka bumi, “KasBaik akan terus support kepada BSD untuk saling bekerjasama dalam penyaluran permodalan Bergulir.

Desty Plt. CEO BSD menambahkan bahwa  program ini bertujuan untuk mengasah kepekaan kita semua terhadap para nasabah BSD yang betul-betul membutuhkan. Hal ini pula sebagai antisipasi menjamurnya Pinjol yang menjerat karena bunga yang tinggi. “BSD memberikan permodalan usaha bergulir sebagai respon cepat terhadapi keadaan yang belum pulih karena pandemi. Skema yang dterapkan adalah tanpa riba tanpa bunga. Nasabah mencicil dengan menggunakan tabungan sampahnya.” Imbuhnya.

Neng Yulianti. Penerima PUB Jasa Jahit. Menjadi nasabah BSD sejak 1,5 tahun lalu

Respon positif ditanggapi oleh para penerima terkait dengan program ini, Neng Yuianti penerima manfaat program ini menyampaikan jika ia akan memutar mudal untuk kebutuhan usaha jasa jahit rumahan miliknya. Ia berharap bisa memiliki penghasilan tambahan melalui apa yang bisa ia lakukan tanpa harus meninggalkan anak-anak.

Afifah, pengusaha roti rumahan  ini menyampaikan kegembiraannya bahwa dengan adanya BSD ditambah dengan adanya KasBaik KitaBisa.com bukan hanya lingkungan bersih tetpi menjadi solusi prsoalan sosial melalui kolaborasi kas baik. Kojani turut menambahkan ia merasa makin semangat dan ia yakini semangat itu juga dirasakan para penerima lainnya’, “Terimakasih Kas Baik Kita Bisa.com berkat bantuan PUB ini kami bisa mulai lagi berwirausaha dari rumah.