IMG_20240703_150937

Kolaborasi Hijau: Bank Sampah Digital dan APP Group di Festival Zero Waste Zero Emission 2024

BANKSAMPAHDIGITAL.COM, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia baru saja menggelar Festival Zero Waste Zero Emission 2024 dengan tema “Penyelesain Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Acara yang berlangsung selama tiga hari di Manggala Wanabakti, Jakarta ini menghadirkan berbagai kegiatan edukatif, seperti workshop daur ulang, pameran produk ramah lingkungan, dan seminar tentang energi terbarukan. Festival ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Festival ini juga melibatkan berbagai komunitas dan pelaku industri yang telah menerapkan prinsip zero waste dan zero emission dalam operasional mereka. Peserta festival dapat melihat langsung inovasi-inovasi terbaru dalam pengelolaan sampah dan pengurangan emisi karbon. Selain itu, festival ini memberikan penghargaan kepada individu dan organisasi yang telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam menerapkan praktik ramah lingkungan.

Desty Eka Putri Sari (CEO Bank Sampah Digital) sharing seputar bank sampah induk dan pemberdayaan masyarakat
Desty Eka Putri Sari (CEO Bank Sampah Digital) sharing seputar bank sampah induk dan pemberdayaan masyarakat

Bersama APP Group melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (IKPP) Serang Mills, Bank Sampah Digital menjadi partisipan dalam festival tahun ini. Bank Sampah Digital melakukan sharing dan diskusi kepada para rekan bank sampah, lembaga pemerintah, lembaga swasta, komunitas, pelajar yang hadir dalam rangkaian kegiatan ini.

Sejak Oktober 2022, Bank Sampah Digital telah bermitra dengan APP Group melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (IKPP) Serang Mills dalam upaya pengelolaan paper recycle milik Bank Sampah Digital dan memenuhi bahan baku produksi kertas daur ulang PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Serang Mills.

Dengan implementasi Zero Waste Zero Emission di Indonesia, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Langkah ini juga dapat menjadi contoh bagi negara lain dalam upaya global melawan perubahan iklim dan menjaga kelestarian bumi. Pemerintah optimis, melalui komitmen dan kerja sama yang kuat, Indonesia bisa mencapai target lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan. #mulaidarikita (red. AH)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *